Efektifitas metode drill dalam pembelajaran linguistik
Keywords:
Efektifitas, Metode drill, Pembelajaran, Kosa kata, LinguistikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) mengetahui pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa sebelum menggunakan metode drill (2) mengetahui pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa setelah menggunakan metode drill (3) mengetahui efektivitas metode drill dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Eksperimen ini disebut juga eksperimen semu karena berkenaan dengan pengontrolan variabel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen dengan model pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Di dalam model ini sebelum dimulai perlakuan kedua kelompok diberi tes awal atau pretest untuk mengukur kondisi awal. Selanjutnya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan (X) dan pada kelompok pembanding tidak diberi. Sesudah diberi perlakuan kedua kelompok diberi tes lagi sebagai posttest. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran dengan metode drill sedangkan pada kelas kontrol dilakukan dengan metode ceramah. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 05 Kalikunung. Hasil dari penelitian ini ada yaitu (1) pembelajaran kosa kata sebelum menggunakan metode drill siswa mendapat nilai rata-rata 46,67. nilai rata-rata 46,67 termasuk kategori nilai rendah karena di bawah angka 75,00. (2) Pembelajaran kosa kata setelah menggunakan metode drill siswa mendapat nilai minimun 44 dan nilai maximum 100. Dengan rata-rata 81,33. Peningkatan yang terjadi adalah sebesar 74,27%. (3) Metode drill efektif dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 05 Kalikuning berdasarkan pemerolehan nilai 0,6792 dan berdasarkan kreteria N-gain Skor dengan nilai 0,3 ? g ? 0,7 menunjukkan interprestasi sedang