Implementasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Authors

  • Dzakiy Ahmad Mutashim Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Pungki Indarto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nurhidayat Nurhidayat Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Profil pelajar pancasila, Pendidikan jasmnai olahraga dan kesehatan, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Tujuan peneletian ini adalah untuk mengetahui implementasi dimensi profil pelajar pancasila pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif. Dengan metode deskriptif. Dalam pengumpulan data dan mendapatkan data, maka penulis menggunakan teknik Observasi dan Wawancara. Teknik observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung ke obyak penelitian yaitu kelas 7 SMP Muhammadiyah 5 Surakarta pada saat pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berlangsung. Sedangkan teknik wawancara dikalukan pada tiga narasumber yaitu siswa kelas 7, guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, dan kepala sekolah SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Data kualitatif dalam bentuk kata-kata atau kalimat. Hasil dari penelitian ini mengetahui implementasi dimensi: (1) beriman, bertakwa kepada tuhan YME, dan beraklak mulia adalah berdoa akhlak baik kepada guru, teman dan lingkungan, (2) berbinekaan global adalah sikap menghargai teman berbagai daerah, (3) bergotong royong adalah gotong royong dalam mengelesaikan Game yang diberikan oleh guru olahraga, kerjasama dalam membersihkan lapangan yang tergenang air, dan bergotong royong dalam mengambil alat olahraga yang akan dipakai pada saat pembelajaran, (4) mandiri adalah mempraktekkan secara mandiri yang diintruksikan oleh guru olahraga, mengerjakan tugas mandiri yang diberikan oleh guru olahraga, (5) Bernalar Kritis adalah keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan olehguru olahraga pada saat pembelajaran berlangsung, (6) kreatif adalah kemampuan pada siswa untuk membagi lapangan sehingga dapat digunakan secara bersama-sama, selain itu kreatifitas guru olahraga dalam memodifikasi olahraga

Downloads

Published

2024-01-30