Implementasi Model Pembelajaran Project based learning (PjBL) Terintegrasi STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Soka Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Ratna Wulandari Universitas PGRI Yogyakarta
  • Siti Maisaroh Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

project based learning, STEM, ability to think creatively

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran project based learning (PjBL) terintegrasi STEM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, design pre-experimental dengan the one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Soka tahun pelajaran 2022/2023. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji perbedaan rata-rata dan N-gain. Diperoleh hasil peningkatan n-gain skor 0,70 dengan kategori tinggi. Hasil nilai pretest-posttest kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran PjBL terintegrasi STEM. 

Downloads

Published

2024-01-30