Etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan matematika dan menguatkan karakter cinta tanah air di SDN 2 Gendingan

Authors

  • Yulida Yoni Dwi Tristia SDN 2 Gendingan
  • Ardhana Januar Mahardhani Universitas Muhamamdiyah Ponorogo

Keywords:

Media sosial, Pembelajaran, Kurikulum merdeka

Abstract

Konsep pembelajaran untuk meningkatkan ketertarikan siswa terhadap matematika yaitu menggunakan konsep etnomatematika. Pembelajaran etnomatematika mengintegrasikan matematika dengan budaya atau adat kebiasaan, dalam kaitannya dengan pembeajaran di sekolah berarti melalui konsep etnomatematika ini guru akan mengintegrasikan mata pelajaran matematika dalam media yang ada di sekitar lingkungan siswa. Tulisan ini melihat lebih jauh tentang budaya pitonan yang ada di Desa Gendingan dan guru bersama siswa akan mengeksplorasi lebih mendalam tentang alat apa saja yang ada dalam aktivitas pitonan tersebut. Guru dan siswa melakukan eksplorasi secara mendalam sehingga ditemukan unsur matematika yang ada. Selain itu dalam tulisan ini juga akan melihat tentang aktivitas cinta tanah air dalam pelaksanaan pitonan, sehingga dalam pembelajaran akan mendapatkan dua aktivitas yang dipelajari yaitu matematika dan kewarganegaraan.

Downloads

Published

2023-07-25