Penerapan metode problem-based learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Sumberharjo Pacitan

Authors

  • Retno Anggraheni SDN Sumberharjo
  • Rudi Ruhardi Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan
  • Yenni Nur Safitri SDN Sumberharjo
  • Zaenal Arifin SDN Sumberharjo
  • Anwar Kholid SDN Sumberharjo

Keywords:

Efektivitas, Problem-based learning, Matematika, Pembelajaran, PTK

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan prestasi belajar mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN Sumberharjo. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain dari penelitian ini menggunakan Model Stringer yang ditandai dengan kerangka sederhana yaitu melihat (look), berpikir (think) dan bertindak (act) secara rutin. Dalam mengumpulkan data dan mendapatkan data, maka penulis menggunakan teknik Observasi dan teknik tes. Teknik observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung ke objek penelitian siswa kelas IV untuk mencatat kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan teknik tes yaitu evaluasi untuk mendapat skor hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dalam bentuk kata-kata atau kalimat sedangkan data kuantitatif berbentuk angka- angka di presentasekan selanjutnya dikumpulkan. Hasil dari penelitian ini yaitu Banyak terjadi perubahan dan peningkatan pada siswa. Hal ini terbukti nilai belajar (rata-rata) siswa meningkat dari 42,86% menjadi 57,14% pada siklus I dan meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Based Learning lebih mudah membuat siswa memahami pelajaran terhadap materi pengukuran sudut

Downloads

Published

2023-02-23