Peningkatan motivasi belajar siswa SD kelas IV mata pelajaran IPAS tema batang tumbuhan melalui quantum teaching di SD Islam Terpadu Arrahmah Pacitan

Authors

  • Suyitno Suyitno Universitas Muhamamdiyah Surakarta
  • Dedi Dwi Cahyono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nurul Hadi Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Djalal Fuadi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Gunarsih Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Motivasi belajar, Pelajaran IPAS, Quantum teaching

Abstract

Ilmu sosial merupakan ilmu yang diperoleh melalui pengamatan, penelitian dan penalaran data secara terus menerus, maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang memudahkan siswa dalam menghafal dan mengingat kembali materi yang ada. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran ipas tema batang tumbuhan melalui metode quantum teaching dalam proses pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD IT Arrahmah Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD IT Arrahmah yang berjumlah 11 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa, tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa, dan lembar observasi berupa cek list untuk mengetahui aktivitas siswa. Sebelum diadakan penelitian, motivasi belajar siswa masih rendah. Kemudian setelah dilakukan penelitian diketahui bahwa motivasi siswa dari siklus I 45,5% dan pada siklus II 82% mengalami peningkatan 36,5%. Prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran pada siklus I adalah 36% dan pada siklus II meningkat menjadi 82%. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 27,3% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,8%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS SD IT Arrahmah.

Downloads

Published

2023-02-23