Model Manajemen Pemasaran Syariah UMKM Pantai Lombang Sumenep

Main Article Content

Shofwatul Millah
Farid Ardyansyah
Khoirun Nasik

Abstract

Model manajemen pemasaran syariah sangat berperan penting untuk kemajuan sebuah bisnis dengan adanya pemasaran dapat membantu memberikan informasi mengenai barang atau jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sesuai dengan sasaran pasar. Dalam model manajemen pemasaran syariah UMKM Pantai Lombang untuk mengetahui praktek manajemen pemasaran syariah pada UMKM Panatai Lombang Sumenep. Secara umum UMKM tersebut dapat mengetahui perkembangan usahanya dan melakukan evaluasi terhadapnya. Dalam manajemen pemasaran syariah juga diatur dengan cukup detail yang mana didalamnya berupa Segmentasi dan Target Pasar dalam Islam dan Bauran Pemasaran Syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan studi lapangan. Analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah dedukasi yaitu dengan menarik kesimpulan yang bersifat khusus dari hal yang bersifat umum. Penelitian ini melibatkan 3 pelaku UMKM bidang makanan dan minuman. Waktu penelitian dari bulan juli 2023 sampai bulan desember 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model manajemen pemasaran syariah UMKM Pantai Lombang terkait perencanaan (planning) terdapat 2 yaitu Mass Market Targeting dan Palliation. Sedangkan dalam model manajemen pemasaran syariah UMKM Pantai Lombang, terdapat 4 kegiatan penggerakan (actuating), yaitu Pragmatism, Patience, Pertinence dan Pedagogy. Dalam model manajemen pemasaran UMKM Pantai Lombang, Pelaku UMKM tidak melakukan pengorganisasian (organizing) dan pengawasan (controling) pada usahanya karena pelaku UMKM Pantai Lombang memiliki keterbatasan pengetahuan terkait manajemen pemasaran syariah dan pelaku UMKM Pantai Lombang melakukan usahanya secara mandiri tanpa adanya karyawan.

Article Details

How to Cite
Millah, S., Ardyansyah, F., & Nasik , K. . (2023). Model Manajemen Pemasaran Syariah UMKM Pantai Lombang Sumenep . Jurnal Ilmiah Ekonomi, 1(2), 83–94. Retrieved from https://rumahjurnal.isimupacitan.ac.id/index.php/jie/article/view/45
Section
Articles
Author Biography

Farid Ardyansyah, Universitas Trunojoyo

Economis Islamic Departement