Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada rumah makan ayam bakar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Ayam Bakar Kang Dadang dan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Ayam Bakar Kang Dadang. Peneliti mengambil populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang datang dan secara kebetulan bertemu peneliti di rumah makan ayam bakar kang dadang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 97 responden dengan menggunakan simple sampling insidental, dikatakan simple karena teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel,bila di pandang orang yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data, pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah kuesioner. Dan untuk menentukan jumlah sample menggunakan rumus Paul Leedy. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,806 yang menunjukkan hasil positif serta dikonsultasikan dengan tabel interpretasi data menunjukkan tingkat hubungan yang kuat. Berdasarkan hasil koefisien determinasi, maka ada Pengaruh Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Ayam Bakar Kang Dadang yaitu sebesar 65% dan selebihnya 35% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Melalui uji t dimana nilai thitung sebesar 11,838 dengan tingkat signifikansi 0,000. Jika dibandingkan pada ttabel dengan menggunakan batas nilai signifikansi sebesar 0,05 di dapat ttabel sebesar 0,1996 Ini berarti thitung > ttabel, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Ayam Bakar Kang Dadang