Implementasi prinsip etika bisnis islam serta dampaknya terhadap UMKM di Kabupaten Pacitan
Main Article Content
Abstract
UMKM menjadi salah satu sektor perekonomian yang sangat potensial di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi prinsip etika bisnis Islam serta dampaknnya terhadap UMKM di Kabupaten Pacitan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang difokuskan untuk memberikan jawaban terkait pertanyaan siapa, apa, dimana, dan bagaimana fenomena sosial yang akan diteliti terjadi yang kemudian dikaji secara lebih dalam untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan yang muncul pada fenomena tersebut. Teknik pengumpulan data menggunkan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Kemudian diuji keabsahannya dengan menguji credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan UMKM di Kabupaten Pacitan sudah menerapkan etika bisnis Islam sesuai dengan prinsipnya dimana etika bisnis Islam ini memberikan dampak positif pada bidang pemasaran, SDM dan manajemen, sosial, lingkungan dan finansial.