Pengajaran pelafalan bahasa Arab pada siswa pondok pesantren Al-Anwar Pacitan
Main Article Content
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa arab banyak menggunakan teknik-teknik salah satunya teknik a-i-u-bak. Teknik ini biasanya sangat familiar di kalangan madrasah dan pondok pesantren salah satunya pondok pesantren modern al-anwar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengatahui bagaimana pembelajaran yang dilakukan dan bagaimna cara mengimplementasikan teknik a-i-u-bak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena hasil penelitian berupa data deskriptif dalam bentuk tertulis atau lisan, dari perilaku orang-orang yang diamati (wawancara, pengamatan dan catatan dokumentasi). Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara mendalam, dan catatan. Analisis data dan uji validitas data dalam penelitian ini mengadopsi teori yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, dan membagi proses analisis data menjadi tigatahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dan Berdasarkan penelitian dan pengamatan yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Metode yang di terapkan di Pondok Pesantren Modern Alanwar sangat berdampak baik bagi santri-santri. Para santri lebih mudah untuk memahami bagaimana pelafalan huruf hijaiyah dengan baik dan benar (fasih).
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Atifah, L., & Pitriana, P. (2022). Pelaksanaan Pelatihan Baca Al-Qur'an dengan Metode Tahsin di Kampung Sindang Sari. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(61). 109-115. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1233
Hasan, Z., & Afandi, M. (2018). Modul Praktikum Pembelajaran Tilawatil Qur’an. Pamekasan: Duta Media Publishing
Husnah, Z. (2019). Etika Penggunaan Media Sosial dalam Al-Qur'an Sebagai Alat Komunikasi di Era Digitalisasi. Jurnal Al Mutsla: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman dan Kemasyarakatan, 1(2). 149-162. https://doi.org/10.46870/jstain.v1i2.14
Irfan, H. (2019) .Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Huruf Abjad Bahasa Arab. Lisania Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2). 129-152. https://doi.org/10.32699/liar.v3i2.1054
Mukminin, A., Anwar, K., & Amri, M. B. A. (2020). Penggunaan Metode Phonetic Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2). 139–43. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i2.823
Mappaenre, N., & Anwar, H. (2022). Hubungan Antara Penguasaan Bahasa Indonesia dengan Kemampuan Manerjemahkan Teks Bacaan Berbahasa Arab. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Humaniora, 1(1). 1-18. https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AL-KILMAH/article/view/85
Miles, M.B., & Huberman, A.M. (2007). Analisis data kuantitatif, buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press
Oktavera, H., Abdullah, A.W., Misbahuddin, M., & Al-Qarni, W. (2021). Pelatihan Seni Kaligrafi dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren di Kota Manado. Tarsius: Jurnal Pengabdian Tarabiyah, Religius, Inovatif, Edukatif dan Humanis, 3(2). 11-18. https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/tarsius/article/view/315
Ritongga, M. (2016). Bargaining kata di dalam Al-Qur'an. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 21(2). 229-254. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/466
Sholihin, M.N. (2020). Peran Ilmu Al-Ashwat dalam Pelafalan Huruf Hijaiyah (Kajian Teoritik Linguistik Terapan). SALIHA: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 3(2). 110-127. https://www.semanticscholar.org/paper/Peran-Ilmu-Al-Ashwat-dalam-Pelafalan-Huruf-Hijaiyah-Sholihin/8394e71000e2336e550b761cf106a5df95af3833