Implementasi pendekatan kontekstual dalam keterampilan berbicara Bahasa Arab

Main Article Content

Nazahah Ulin Nuha

Abstract

Penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab adalah solusi yang dapat digunakan oleh semua tingkat pendidikan. Adanya pembelajaran keterampilan berbicara agar peserta didik dapat berani berbicara menggunakan bahasa Arab dengan baik dan benar. Permasalahan yang sering terjadi pada pembelajaran bahasa Asing adalah kurang tepatnya menggunakan pendekatan dalam pembelajaran, sehingga ada tidak mendapatkan informasi secara maksimal yang menyebabkan tidak berhasilan dalam suatu pembelajaran. Salah satu pendekatan yang dapat membantu meningkatkan keterampilan berbicara adalah pendekatan kontekstual. Karena pendekatan kontekstual adalah metode belajar yang mengikut sertakan peserta didik dalam pembelajaran dan pengajar sebagai fasilitator. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif - deskriptif  dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan keterampilan berbicara adalah pembelajaran yang efektif karena ilmu dapat diterima dengan baik oleh peserta didik, sehingga pemebelajaran dapat mencapai tujuan sesuai harapan

Article Details

How to Cite
Nuha, N. U. (2023). Implementasi pendekatan kontekstual dalam keterampilan berbicara Bahasa Arab. Alif : Arabic Language in Focus, 1(2), 82–91. Retrieved from https://rumahjurnal.isimupacitan.ac.id/index.php/alif/article/view/58
Section
Articles

References

Afrizal, R. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 76–86.

Aini, N., Jannah, S., & Safitri, K. (2021). Model Pembelajaran Kontekstual Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 0(7), 272–286. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/986

Aufa, F. N., Purbasari, I., & Widianto, E. (2020). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Visualisasi Poster Sederhana. WASIS?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5060

Bahasa, P., & Siswa, A. (2021). Jenius?: Journal of Education Policy and Elementary Education Issues Penerapan Media Audio Visual Berbasis Whatsapp pada. 2(2), 89–96.

Gunadi, G., Amir, F. R., & Mulyana, A. (2020). LUGHO: Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Sekolah Dasar. In Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(19). https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2571

Hasan, Hanif, C. (2019). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 Nomor 2 Tahun 2019. Vicratina, 4(1), 65–71.

Janattaka, N., & Ghufron, A. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Metode Kooperatif Jigsaw Di Kelas 4 Sdn 1 Jimbung Klaten. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 90. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2647

Maqayis, A., Pendidikan, J., Arab, B., & Zulistia, M. (2021). The Effectiveness of Arabic Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Strategy Efektifitas Strategy Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Bahasa Arab Abstract?: 8(2), 198–219.

Mu, H. (2021). Penerapan Media Gambar pada Pembelajaran Mah ? rah Al-Kit ? bah di MA Irsyadun Nasyi ’ in. 1(1), 7–12.

Qiyam, J. Al. (2021). Jurnal Al – Qiyam. 2(1), 168–175.

Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas Punaji Setyosari Jurusan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Malang Jl . Semarang No . 5 Malang Jawa Timur 65145 CREATING THE EFFECTIVE AND THE QUALITY OF THE LEARNING. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2103

Theresia, M. (2018). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Tinggi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. 1(1), 2615–319.

Triani, T., & Putra, S. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 733–754. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-19

Try, K., Devi, M., & Kristiantari, M. G. R. (2014). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sd Negeri 9 Pedungan Tahun Ajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1 no 2.

Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, pp. 13–20)