Optimalisasi pembelajaran bahasa arab berbasis proyek pada mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek pada kemahiran berbicara (maharah kalam) mahasiswa semester 1 program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Agama Islam (PAI), Ekonomi Syari’ah (ESy), dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi project-based learning dengan media youtube pada keterampilan berbicara bahasa arab berbasis proyek dilakukan melalui project-based learning dengan tahapan penentuan topik, kegiatan prakomunikatif, menyiapkan pertanyaan arahan, mendesain perencanaan proyek, penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, pelaksanaan proyek, pengujian hasil, dan refleksi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah?: Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344
Effendy, A. F. (2012). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat.
Fauzi, M. F., & Anindiati, I. (2020). E-Learning Pembelajaran Bahasa Arab. UMM Press.
Pamuji, S. S., & Setyami, I. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.
Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. K-Media.
Sabarguna, B. S. (2008). Analisis Data Pada Penelitian Kualitatif. UI Press.
Syukriya, A. U. (2019). Implementasi PjBL dengan Media Instagram pada Keterampilan Menulis Bahasa Arab di SMA Islam PB Soedirman 1 Bekasi. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, 389–399. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/507