Problematika pelafalan huruf hijaiyah pada usia dewasa (perspektif ilmu ashwat)

Main Article Content

Siti Masyithoh
Musani Abdul Aziz

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang sering dialami orang dewasa dalam proses pembelajaran terkait pelafalan huruf hijaiyah, dimana orang berusia dewasa atau yang sudah lanjut usia kurang dapat melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan benar dan tepat. Penelitian ini memiliki rumusan masalah terkait problematika pelafalan huruf hijaiyah dan faktor yang menyebabkan problematika pelafalan huruf hijaiyah pada usia dewasa di TPQ Al-Wakil tulakan, Pacitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk problematika pelafalan huruf hijaiyah dan faktor yang mempengaruhi pelafalan huruf hijaiyah pada usia dewasa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa problematika pelafalan huruf hijaiyah pada anak usia dini yang terjadi adalah perubahan fonem dari tebal menjadi tipis; perubahan fonem karena artikulasi berdekatan; dan kurang dapat membedakan huruf yang karakteristiknya mirip. Adapun faktor penyebab problematika pelafalan huruf hijaiyah pada usia dewasa adalah faktor lingkungan keluarga dulunya ketika masa kecil, kurangnya minat belajar pada usia dewasa, dan faktor individu dari dirinya sendiri. Adapun solusi dari problematika pelafalan huruf hijaiyahpada usia dewasa adalah perlu adanya perhatian khusus pada orang-orang dewaasa dalam berlatih melafalkan huruf hijaiyah, yaitu huruf ?, ?, ?, ?, ?, ?, ?, ? dan ?.

Article Details

How to Cite
Masyithoh, S., & Aziz, M. A. (2023). Problematika pelafalan huruf hijaiyah pada usia dewasa (perspektif ilmu ashwat). Alif : Arabic Language in Focus, 1(1). Retrieved from https://rumahjurnal.isimupacitan.ac.id/index.php/alif/article/view/4
Section
Articles

References

Ainin, M. (2013). Penelitian pengembangan dalam pembelajaran Bahasa arab. OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(2). 96-110. https://doi.org/10.19105/ojbs.v7i2.449

Al Azhim, D. A. L. E., & Kholidah, L. N. (2021). Problematika pelafalan huruf hijaiyah pada anak usia dini di Rhoudhotu Tarbiyatil Qur’an (RTQ) Al-Ghozali Tlogomas Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(1). 62-75. https://doi.org/10.17977/um064v1i12021p62-75

Ideharmida, D., Solfema, S., & Irmawita, I. (2018). Pembelajaran membaca Al-Quran bagi orang dewasa (Studi kasus pada kelas tallaqi dasar dan tallaqi plus di Lembaga pendidikan al-quran ash habul quran kota Payakumbuh). SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1). 22-31. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9465

Mufidah, N., & Zainudin, I. (2018). Metode pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2). 199-218.

Nurhayati, N., Agusniatih, A., Amrullah, A., & Suwika, I.P. (2022). Pengenalan huruf hijaiyah melalui media kartu gambar pada anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). 2183-2191. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1850