Evaluasi pembelajaran maharah kalam pada mata pelajaran Bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gembuk I

Main Article Content

Heriyanto Heriyanto

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Evaluasi Pembelajaran Maharah Kalam Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gembuk 1. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pelaksanaan dan teknik evaluasi pembelajaran maharah kalam pada mata pelajaran bahasa Arab peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gembuk I. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif  yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis. Teknik pengumpulan data menerapkan aktivitas dokumentasi, observasi dan wawancara. Kemudian setelah data terkumpul, dilakukannya analisis data. Setelah diperoleh hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan data bahwasanya: (1)Pembelajaran Maharah Kalam Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gembuk I telah berjalan dengan baik, guru telah menerapkan beberapa metode di antaranya: metode bernyanyi guna untuk memperkuat hafalan mufrodat, metode qowaid, dan terjemah. Siswa disiplin dalam dalam hal kehadira, akan tetapi ada beberapa anak yang kurang lengkap dalam menyiapkan perlengkapan pembelajaran seperti tidak membawa buku (LKS atau buku tugas). (2)Evaluasi Pembelajaran Maharah Kalam Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gembuk I telah menerapkan teknik tes dan non-tes. Teknik tes pada evaluasi pembelajaran diterapkan dengan baik khususnya pada pembelajaran maharah Kalam. Hanya saja, pada teknik non-tes belum berjalan dengan baik dan itu juga atas inisiatif dari pengajar.

Article Details

How to Cite
Heriyanto, H. (2023). Evaluasi pembelajaran maharah kalam pada mata pelajaran Bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gembuk I. Alif : Arabic Language in Focus, 1(2), 53–60. Retrieved from https://rumahjurnal.isimupacitan.ac.id/index.php/alif/article/view/35
Section
Articles

References

Abdi Madrasah. (2014). Tujuan dan ruang lingkup mata pelajaran bahasa Arab madrasah ibtidaiyah

Anshori, Ahmad, Muhtadi. (2009). Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-Metodenya Cet. I; Yogyakarta: Teras

Asrori, Imam, dkk. (2012). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Malang: Misykat

Asrul. dkk. (2015). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Citapustaka Media

Bisri, Mustofa. (2012). Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press

Bugin, Burhan. (2010). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Public, dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Pernada Media Group

Djamaluddin, Ahdar & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center

Eka, Grawita, Manggala, Nugraha, Cipta. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta tahun 2021 dengan judul Teknik Evaluasi Pembelajaran Bagi Keberlangsungan Program Pembelajaran Bahasa Arab Di Ma’had Umar Bin Khattab Yogyakarta, 2021. Skripsi (Yogyakarta: UII Yogyakarta 2021).

F, Ria, M. dkk. (2020). Penerapan Metode Langsung Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Lisanuna

Febyronita dessy, Giyanto. (2016). Survei Tingkat Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Tes Berbentuk Jawaban Singkat ( Short Answer Test) Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu (Geodrafi) Kelas VII SMP Negeri I Mesjuti Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal swarnabhumi

Halimah, R.A, Saktie, Umi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang tahun 2019 dengan judul Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Model Context Input Process Product Pada PIB UIN Walisongo Semarang. Skripsi, Semarang: UIN Walisongo Semarang 2019

Helaluddin. Wijaya, Hengki. (2019). Analisis data kualitatif. Makasar: Universitas Negeri Makasar

Hermawan, Acep. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Bandung: Remaja Rosdakarya

Hrp, Ariani, Nurlina, dkk. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung

Laeli, Umi, Nur, Isna. dari Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto Tahun 2023 dengan judul Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Di MA Ma’arif Nu 1 Celongok Bayumas, 2023. Skripsi, Purwokerto: UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto 2023.

Lukman, Muhammad. dkk. (2021). Evaluasi Pembelajaran Dan Pengembangan Tes Interaktif Bahasa Arab. Yogyakarta: tonggak Media

M, Latifatul. (2022). Jurnal Pembelajaran Keterampilan Berbicara (Maharah kalam) di Markazul Lughah Arabiyah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru Pamekasan. 1(2)

Mahmud Yunus. (1981). Metode Khusus Bahasa Arab. Cet. I Bandung: Hidyakarya

Mustofa, Bisri. (2012). Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN-Maliki Press

Nafisah, Durrotun & Ni’mah, Khoirotun. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di Sd Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 1(1)

Ni’mah, Mamlu’atul & Rosyidi, Abd. Wahab. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press

Nur, Gina, Lestari, Dewi. (2014). Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan Ciamis

Nurkhomsah, Wahyuni. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2018 dengan judul Evaluasi Maharah Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VB MI TA’Alumusibyan Sitanggal Brebes Jawa Tengah Tahun 2017/2018. Skripsi, Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2018.

Nurman, Muhammad & Handriawan, Doni. (2021). Evaluasi pembelajaran bahasa arab. Mataram: Sanabil

Pane, Aprida & Dasopang, Darwis, Muhammad. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian ilmu-ilmu keislaman 3(2)

Rahmawati, Lutfia, Vivin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2021 dengan judul Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Computer Basid Test Di MTs Negeri 8 Sleman Tahun 2020/2021. Skripsi, Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2021.

Roviin. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab (Kajian Tentang Instrumen Tes). IAIN Salatiga.

Rukminingsih, dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Sleman-Yogyakarta : Erhaka Utama

Saidun, Fiddaroini. (1997). Efektivitas dan Efisiensi Sosialisasi Bahasa Arab. Surabaya: CV. Cempaka

Setiawan, M, Andi. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Yunus, Mahmud. (1981). Metode Khusus Bahasa Arab. Cet. I Bandung: Hidyakarya

Zainuri, Ahmad dkk. (2021). Evaluasi pendidikan, Pasuruan Jawa Timur: CV.penerbit qiara media