Ragam Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ragam metode yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab di jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari buku, artikel dan halaman berita yang berkaitan dengan metodologi pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Ibtidaiyah, kemudian dianalisis menggunakan teknik content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tujuan pembelajaran bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah ditekankan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam rangka menunjang tercapainya tujuan tersebut, diperlukan metode pembelajaran Bahasa Arab yang efektif. Adapun metode pembelajaran tesebut meliputi Metode Gramatika-Terjemah (Thorîqah al-Qawâid wa al-Tarjamah), Metode Langsung (Thorîqah Mubâsyirah), Metode Membaca (Thorîqah al-Qirâ’ah), Audiolingual (Thorîqah Sam’iyyah-Syafahiyyah), Metode Komunikatif (Thorîqah al-Ittishâliyyah), Metode Eklektik (Thorîqah al-Intiqâiyyah)
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afida, I. (2018). Historitas Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. FALASIFA?: Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 17–34.
Ahmadi, & Ilmiani, A. M. (2020). Metodologi pembelajaran bahasa arab (Konvensional hingga Era Digital). Ruas Media.
Anggraena, Y. (2022). Pembelajaran dan Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. In Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(11), hlm 60.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center. CV Kaaffah Learning Center.
Elo, S., Kääriäinen, M., Kanste, O., Pölkki, T., Utriainen, K., & Kyngäs, H. (2014). Qualitative Content Analysis. SAGE Open, 4(1), 215824401452263.
Fitria, N. D. (2021). Metode Pembelajaran Bahasa Arab Yang Efektif Untuk Jenjang Sekolah. Semnasbama, 115–121.
Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720
Kurniawan, A., Noflidaputri, R., Supriyadi, A., Rahman, A. A., Arrobi, J., Arissandi, F., Sianipar, D., & Indriyati, C. (2022). Metode pembelajaran di era digital 4.0. Pt global eksekutif teknologi.
Mirnawati, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kreativitas Mahasiswa Semester I PGSD UM Surabaya pada Mata Kuliah Pengantar Manajemen Pendidikan. Pedagogia?: Jurnal Pendidikan, 6(1), 84–97.
Muradi, A., Tarbiyah, F., Antasari, I., Km, J. A. Y., & Pendahuluan, A. (2013). Tujuan pembelajaran bahasa asing (arab) di indonesia. Al-maqoyis, 1(1), 140–149.
Nasution, A., Siregar, N., Winanda, P., & Hanum OK, A. (2022). Hakikat Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(3), 87–98. https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.393
Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka: Peran dan Tantangan dalam Lembaga Pendidikan. Gunung Djati Conference Series, 10, 105–115.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium, 5(9), 1–8.
Rajak, A. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah.
Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik M. Ramli. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825
Sirojudin, A. (2019). Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 204–219.
Yusuf, A. (2021). Konseptualisasi Model Pendidikan Islam Integratif di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Indonesia. DAYAH: Journal of Islamic Education, 4(2), 233.